🔔 Dapatkan Template ini Disini dan Ikuti kami di Google News!

JENIS PROCESSOR PADA KOMPUTER DAN LAPTOP

Prosessor atau disebut CPU merupakan sirkuit logika yang bertugas untuk merespons dan memproses perintah dasar untuk menjalankan komputer ...
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

 JENIS PROCESSOR PADA KOMPUTER DAN LAPTOP


SpotiPost - Prosessor atau disebut CPU merupakan sirkuit logika yang bertugas untuk merespons dan memproses perintah dasar untuk menjalankan komputer. Sebagai pengguna komputer maupun laptop, sudah seharusnya Anda mengetahui bahwa prosesor menjadi pusat kendali atau pusat sistem pada komputer. Banyak yang menyebutkan prosesor sebagai otak komputer, perangkat ini akan mengubah input data dari user menjadi output berupa informasi. Prosesor terletak pada bagian motherboard komputer menyesuaikan dengan jenis soketnya.

Processor atau CPU akan melakukan kinerjanya dengan tiga langkah dasar dalam siklus instruksi yaitu: fetch (mengambil, decode (mengdekode), dan execute (mengeksekusi), selanjutnya instruksi dari program akan dikirim prosesor sebagai umpan balik dalam bentuk output data yang ditulis ke memori komputer. Adapun perangkat yang menggunakan prosesor selain PC atau komputer, yaitu smartphone, tablet, serta perangkat komputasi lainnya. Penjelasan mengenai prosesor akan cukup luas jika dibahas, karena fungsi dan cara kerjanya yang sangat kompleks.

Perlu diketahui, jenis-jenis prosesor yang ada saat ini tidak hanya satu saja, melainkan ada banyak sekali jenis-jenis prosesor komputer. Produsen-produsen prosesor terkenal di antaranya seperti: Intel, AMD, Apple, dan masih banyak lagi. Pengguna biasanya akan memilih komputer dengan spesifikasi processor yang mumpuni. Saat ini, ada banyak prosesor yang bisa dijadikan akomodasi untuk berbagai kebutuhan, misalnya saja untuk pengguna komputer game, untuk editing video, animasi rendering 3D, dan lainnya. Akan lebih aman jika Anda memilih untuk membeli komputer atau laptop yang memiliki prosesor dengan spesifikasi tinggi agar dapat memproses grafis dengan baik.

Jenis - Jenis Processor 

Processor atau yang biasa disebut dengan Central Processing Unit (CPU) merupakan salah satu komponen penting pada sebuah komputer. Processor berfungsi sebagai otak dari komputer yang bertanggung jawab untuk menjalankan tugas-tugas komputasi. Dalam perkembangannya, terdapat berbagai jenis processor yang telah dikembangkan oleh berbagai produsen. Berikut adalah jenis-jenis processor pada komputer beserta penjelasannya.

1. Intel Processor


Intel Processor merupakan jenis processor yang paling banyak digunakan pada komputer saat ini. Intel Processor memiliki keunggulan dalam hal performa dan daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan dengan jenis processor lainnya. Intel Processor juga memiliki berbagai seri seperti Core i3, Core i5, Core i7, dan Core i9 yang masing-masing memiliki keunggulan dan spesifikasi yang berbeda.

2. AMD Processor


AMD Processor merupakan salah satu pesaing utama dari Intel Processor. AMD Processor memiliki keunggulan dalam hal harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Intel Processor. AMD Processor juga memiliki berbagai seri seperti Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7, dan Ryzen 9 yang masing-masing memiliki keunggulan dan spesifikasi yang berbeda.

3. ARM Processor


ARM Processor merupakan jenis processor yang banyak digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. ARM Processor memiliki keunggulan dalam hal efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan dengan jenis processor lainnya. ARM Processor juga memiliki berbagai seri seperti Cortex-A, Cortex-M, dan Cortex-R yang masing-masing memiliki keunggulan dan spesifikasi yang berbeda.

4. PowerPC Processor


PowerPC Processor merupakan jenis processor yang banyak digunakan pada perangkat Apple seperti Macintosh dan Power Macintosh. PowerPC Processor memiliki keunggulan dalam hal performa yang lebih baik dibandingkan dengan jenis processor lainnya pada saat itu. Namun, saat ini PowerPC Processor sudah tidak lagi digunakan pada perangkat Apple.

5. SPARC Processor

SPARC Processor merupakan jenis processor yang banyak digunakan pada perangkat server. SPARC Processor memiliki keunggulan dalam hal performa yang lebih baik dibandingkan dengan jenis processor lainnya pada saat itu. Namun, saat ini SPARC Processor sudah tidak lagi digunakan pada perangkat server.

6. Processor Apple

Sudah diketahui bahwa perusahaan Apple telah meluncurkan prosesor besutannya sendiri untuk semua lini produknya. Sebut saja tiga perangkat Mac terbaru yaitu Macbook Air, Pro, dan Mac Mini, ini telah dirancang dengan mengusung chip berbasis ARM buatan Apple Silicon yaitu chip prosesor Apple M1. Apple Silicon merupakan suatu perwujudan dari strategi Apple untuk mengontrol seluruh ekosistemnya sendiri. Apple M1 menjadi chip pertama Apple yang dirancang khusus untuk Mac. Apple M1 berisi 16 miliar transistor, system on chip (SoC), integrasi CPU, GPU, Neural Engine, I/O, dan masih banyak lagi.

Belum lama ini sudah ada kabar Apple telah merilis chip terbaru penerus Apple M1 yaitu Apple M2. Menurut beberapa informasi, Apple M2 dibanding Apple M1 seperti A15 dibanding A14. Pada chip M2, Apple mengencangkan jumlah core CPU dan core GPU yang lebih ditingkatkan.


7. Processor IBM

IBM merupakan salah satu perusahaan teknologi yang berasal dari Amerika. Perusahaan ini juga memproduksi prosesor PC yang cukup terkenal, bersaing dengan Intel dan lain-lainnya. Seri prosesor pendahulu yang pernah diproduksi oleh IBM adalah POWER1, POWER2, hingga POWER9 yang diproduksi pada tahun 2017 lalu. Pada tahun 2020, IBM juga membuat IBM POWER10 yang merupakan prosesor komersial pertama, dibuat menggunakan teknologi proses 7nm.

Kemudian kabar terbarunya, IBM telah memproduksi prosesor kuantum yang diberi nama Eagle. Direktur unit Pengembangan Sistem Perangkat Keras Quantum IBM, Jerry Chow mengatakan, “Prosesor Eagle 127-qubit pertama kami tersedia sebagai sistem eksplorasi di IBM Cloud untuk memilih anggota Jaringan Quantum IBM”.

Itulah beberapa jenis processor pada komputer beserta penjelasannya. Pemilihan jenis processor yang tepat sangat penting untuk mendapatkan performa dan kinerja yang optimal pada komputer. Oleh karena itu, sebelum membeli komputer atau melakukan upgrade pada komputer, sebaiknya perhatikan jenis processor yang digunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga :

Penutup

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai JENIS PROCESSOR PADA KOMPUTER DAN LAPTOP. Semoga Bisa Menambah Pengetahuan Kita Semua.Semua.👋



Getting Info...

About the Author

Terimakasih Saya Ucapkan telah mengunjungi website saya, Semoga SobatTerhibur....

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kamu di balas.
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close