🔔 Dapatkan Template ini Disini dan Ikuti kami di Google News!

Cara Mengatasi Anak Muntah karena Masuk Angin, Wajib Orang Tua Tahu

Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin bisa dengan memberi minum air dan menidurkan anak di posisi….
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Posisikan anak tidur menyamping sebagai cara mengatasi anak muntah karena masuk angin
Posisikan anak tidur menyamping sebagai cara mengatasi anak muntah karena masuk angin

Cara mengatasi anak yang muntah karena masuk angin kerap menjadi pertanyaan dalam benak para orang tua. Tenang, jangan langsung panik saat melihat buah hati Anda muntah-muntah. Simak di sini langkah-langkah pertolongan pertama cara mengatasi anak muntah karena masuk angin.

Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin


Anak yang sedang muntah karena masuk angin
Anak yang sedang muntah karena masuk angin

Masuk angin bukanlah istilah medis atau nama penyakit resmi dalam dunia kedokteran. Ini adalah istilah awam yang menggambarkan sederet gejala atau keluhan terkait penyakit tertentu.

Sebenarnya, jika anak mual dan muntah saat masuk angin, ada kemungkinan ia sedang mengalami gejala flu.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada jurnal Paediatrics Child Health, gejala flu yang sering dianggap sebagai masuk angin ini juga diikuti dengan diare, nyeri perut, demam, dan menggigil.

Tak jarang, si kecil pun juga jadi susah makan dan sulit bernapas lega karena hidungnya tersumbat.

Masuk angin juga bisa menjadi salah satu gejala anak mengalami “flu perut” atau gastroenteritis. Temuan yang terbit pada jurnal National Center for Biotechnology Information memaparkan, gejala gastroenteritis juga serupa dengan gejala masuk angin, yaitu mual, muntah, demam, sakit perut, dan diare. Penyebabnya diketahui akibat paparan virus yang beragam, seperti rotavirus, norovirus, adenovirus, dan astroviruses. 

Saat si kecil sakit, ikuti cara mengatasi muntah pada anak karena masuk angin ini:

1. Posisikan buah hati tidur menyamping

Posisikan anak tidur menyamping sebagai cara mengatasi anak muntah karena masuk angin
Posisi tidur menyamping agar muntah tidak tertelan

Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin bisa dilakukan dengan memosisikan anak tidur menyamping.

Posisi tidur menyamping dapat memudahkan aliran muntah yang mungkin tersisa mengalir ke luar. Hal ini pun mampu menghindari si kecil tersedak atau menelan kembali muntahannya.

Jika si kecil tak sengaja menelan muntahannya, ia akan berisiko terkena pneumonia. Hal ini dikarenakan benda asing terhirup ke dalam paru-paru.

2. Beri larutan elektrolit (oralit)

Oralit berguna untuk mengganti elektrolit yang hilang saat muntah
Oralit berguna untuk mengganti elektrolit yang hilang saat muntah

Elektrolit (oralit) sebenarnya adalah larutan yang mengandung garam, gula dan serta mineral lainnya, seperti potasium dan kalium. Larutan ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Saat muntah, buah hati Anda dapat kekurangan cairan tubuh dalam jumlah yang besar sehingga berisiko tinggi mengalami dehidrasi.

WHO telah merekomendasikan pemberian oralit sebagai cara mengatasi muntah untuk mengatasi dan mencegah dehidrasi.

Menurut riset yang diterbitkan Current Gastroenterology Reports, larutan elektrolit (oralit) terbukti manjur untuk mencegah dehidrasi berkat kandungan glukosa pada yang merangsang natrium menyerap cairan di usus kecil.

Penelitian yang dirilis jurnal Journal of Family Medicine and Primary Care menganjurkan untuk melarutkan satu bungkus kecil oralit (sebanyak 4,2 g) ke dalam 200 ml air sebagai cara mengatasi anak yang muntah karena masuk angin.

Berikan anak 1-2 sendok makan oralit tiap 15-20 menit. Jika si kecil masih bayi, cukup berikan 1 sendok makan oralit per 15-20 menit.

UNICEF menetapkan pemberian dosis maksimal oralit untuk bayi adalah setengah liter dalam sehari, sementara bagi anak di atas 1 tahun menjadi satu liter dalam sehari. 

3. Beri minum air jahe hangat

rebusan jahe utnuk menghilangkan mual dan pusing
rebusan jahe utnuk menghilangkan mual dan pusing

Rebusan jahe hangat telah dipercaya bertahun-tahun sebagai cara mengatasi anak muntah karena masuk angin.

Penelitian yang terbit pada jurnal Food Science and Nutrition menunjukkan, jahe mengandung zat gingerol dan shogaol untuk mengurangi gejala mual-mual dan muntah.

Jahe juga berkhasiat mengatasi kembung dan perut nyeri saat flu berkat dua kandungan tersebut. Temuan studi pada jurnal Iran Red Crescent Medical Journal melaporkan zat gingerol dan shogaol memiliki sifat carminative yang mampu mengeluarkan gas dari perut. Oleh karena itu, perut pun tidak terasa kembung dan mual.

4. Sajikan sup ayam hangat

Sup Ayam mengembalikan cairan yang kurang
Sup Ayam mengembalikan cairan yang kurang

Sup ayam terbukti cocok diberikan sebagai makanan untuk anak muntah. Satu sajian sup ayam (28 g) mengandung potasium 22,4 mg dan sodium sebesar 44,2 mg. Kedua kandungan ini serupa pada oralit yang berguna untuk mengembalikan cairan yang hilang akibat muntah.

Selain itu, sup ayam telah terbukti mampu mengatasi hidung tersumbat pada Chest Journal. Saat mengonsumsi sup ayam, uap hangatnya membantu lendir di hidung dan tenggorokan cepat mencair sehingga napas si kecil jadi lebih lega. Diketahui pula bahwa keberadaan lendir lengket ini ikut membuat anak merasa mual dan tidak nafsu makan saat masuk angin.

Catatan dari SpotiPost

Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin penting diketahui sebagai pertolongan pertama di rumah.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anak muntah adalah mencukupi kebutuhan cairannya agar ia tidak dehidrasi, serta menidurkannya dalam posisi miring agar tidak menelan atau tersedak muntahan sendiri.

Memberikan makanan untuk anak muntah pun cukup membantu pemulihan serta meningkatkan energi tubuh.

Baca juga :

Penutup

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Cara Mengatasi Anak Muntah karena Masuk Angin, Wajib Orang Tua Tahu. Semoga Bisa Menambah Pengetahuan Kita Semua.Semua.👋



Getting Info...

About the Author

Terimakasih Saya Ucapkan telah mengunjungi website saya, Semoga SobatTerhibur....

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kamu di balas.
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
close